Strategi Ber-Litterbox

Mhuahahaha judulnya extreme 😀

Haii CATpeople, seperti yang saya janjikan kemarin nih.. ayoo kita bahas singkat strategi pakai litterbox agar rumah kalian makin nyaman dan si meong ga rewel

Kemarin juga saya membagi pasir menjadi 3 jenis (walauuuuu banyak jenis yang lainnya sih) cuma mungkin 3 jenis ini paling gampang kalian temui di petshop petshop *link pasir

1. Pengguna Pasir Zeolite

Asumsi kucing 10, Jumlah litterbox ideal 8

Pasir Zeolite ini murah, bisa dicuci, hemat, tetapi memang daya serapnya kurang sehingga bau yang ditimbulkan lumayan cadas. CATpeople yang memilih menggunakan pasir ini harus rajin rajin membersihkan litterbox yah. Untuk strategi litterbox pasir Zeolite yang saya dapatkan dari Mba Aprilia Endraswari

10943441_604885932979441_1226237471_nAda 3 bagian litterbox nih dijadikan satu, yang bawah litterbox biasa untuk dasar, Literbox berongga dan yang atas litterbox penyaring (bisa dibuat dari kassa nyamuk, belinya di toko bahan bangunan -> sebelum ada yang nanya saya jawab duluan 😀 )

Tumpuk 3 litterbox (litterbox dasar, litterbox berongga dan kassa), lalu isi pasir zeolite diatasnya setinggi 3cm

Cara membersihkan litterbox ini:

– Angkat dulu pup si kucing dari pasir

– Angkat Kassa penyaring dan pindahkan ke litterbox yang bersih, pip si meong akan ada didasar litterbox

– Cuci bersih litterbox dasar dan berongga yang sudah ada pip si meong

– Ganti pasir atau cuci apabila sudah kotor

 

2. Pengguna Pasir Bentonite (Clumping)

Asumsi 10 kucing, jumlah litterbox ideal 4

Menggunakan pasir Bentonite sebenarnya tidak usah ada Strategi sih, tinggal masukin pasir ke litterbox hehehe.. tetap kalau mau sedikit berhemat namun tetap ga terlalu repot, silahkan simak tips strategi litter box dari mba Ega M Sutopo berikut ini

10930117_10204724993318928_8682615541965156294_n

 

Dalam satu litterbox akan di-isi pasir secara berlapis.

Awalnya pasir bentonite dulu.. fungsinya untuk menjaga litterbox tetap kering sehingga mudah dibersihkan

Lapisan kedua masukan pasir Zeolite agak banyak, fungsinya adalah untuk menjaga pasir dilitterbox banyak yang bersih (waah bahasa saya apakah dimengerti oleh umum ?) intinya kalau pasirnya sedikit, kucing sekali pipis udah, ga akan mau pipis lagi karena dia merasa pasir sudah terkontaminasi gitu deh, jadi kalau pasirnya agak baaaanyak, di kucing punya rasa percaya bahwa pasir yang kotor ada di suatu pojok, dan dipojok sini masih bersih. *semoga bahasa saya di mengerti yah, ternyata susah jelasinnya nyiahahahaha*

Lapisan paling atas, kembali masukan Bentonite.. ini fungsinya sebagai pewangi

Lalu, kalau kucingnya sudah ngacak ngacak pasir gimana ? rusak dong lapisan yang sudah kita buat ??? yah itu diikhlaskan saja, terkadang memang kan kita hanya bisa berusaha dan kucing yang berkuasa :p

3. Pengguna Pasir Crystal

Asumsi 10 ekor, jumlah Litterbox ideal 2

scoopfree4

Hummm pasir praktis yang mahal, kemarin saya recomendasikan untuk CATpeople yang super sibuk.

Mengingat pengguna pasir ini maunya praktis, saya cuma kasih tips sedikit..

Tau underpad ? itu yang buat alas tempat tidur untuk orang sakit, semacam perlak atau diapers yang fungsinya menyerap cairan.

Nah ada baiknya sebelum menuang pasir ke litterbox kalian kasih underpad dulu dan taburi dengan baking soda untuk mengurangi bau pup dan pip si meong

 

Strategi tambahan..

* 10934646_1026531757360502_565871083_nGunakan wadah besar untuk pasir si meong, tidak semua kucing itu manis.. banyak dari mereka yang suka huru hara dan mengacak acak pasir, nah bak atau ember hitam besar semacam ini bisa dijadikan pilihan pengganti litterbox

 

 

 

10462459_889507877755678_6557522359889397138_n* Kucing yang tidak suka pup dan pip di litterbox bisa jadi karena paw mereka sensitif dan mudah terluka, seperti kucing saya yang satu ini (Apple Pie si Cipeh Cipeh)

Dia suka pipis di permukaan berbahan dasar kain, jadi saya suka memasukan underpad, tissue atau kain yang sudah tidak terpakai ke litterboxnya, merepotkan ?? aaah tidak, saya merasa ini solusi daripada dia pipis di kasur atau sofa

 

Demikian strategi strategi litterbox yang dapat saya sampaikan, semua ini saya rangkum dari penelitian singkat di status kucing saya yang paling ganas kelakuannya *Ratu Kincess*

Terima kasih kepada rekan rekan sepermeongan yang sudah membantu memberi masukan, If.. kalian ada masukan tambahan bisa langsung cuap cuap di kolom komentar yah, see ya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s